Konsep Tentang Profil Kewirausahaan
Konsep
10 D dari Bygrave
Selanjutnya dapat digambarkan
beberapa karakteristik dari wirausahaan yang berhasil memiliki sifat-sifat yang
dikenal dengan istilah 10 D (Bygrave, 1994:5)
1.
Dream
Seorang
wirausaha mempunyai visi bagaimana keinginannya terhadap masa depan pribadi dan
bisnisnya dan yang paling penting adalah dia mempunyai kemampuan untuk
mewujudkan impiannya tersebut.
2.
Decisiveness
Seorang
wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan
secara tepat dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dia mengambil
keputusan adalah mempunyai faktor kunci (key factor) dalam kesuksesan bisnisnya.
3.
Doers
Begitu
seorang wirausaha membuat keputusan maka dia langsung menindak lanjutinya.
Mereka melaksanakan kegiatan secepat mungkin yang dia sanggup artinya seorang
wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang dapat dimanfaatkan.
4.
Determination
Seorang
wirausaha melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian. Rasa tanggung
jawabnya tinggi dan tidak mau menyerah, walaupun dia dihadapkan pada halangan
dan rintangan yang tidak mungkin diatasi.
5.
Dedication
Dedikasi
seorang wirausaha terhadap bisnisnya sangat tinggi, kadang-kadang dia
mengorbankan hubungan kekeluargaan, melupakan hubungan dengan keluarganya untuk
sementara. Mereka bekerja tidak mengenal lelah, 12 jam sehari atau 7 hari dalam
seminggu. Semua perhatian dan kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan
bisnisnya.
6.
Devotion
Devation
berarti kegemaran atau kegila-gilaan. Demikian seorang wirausaha mencintai
pekerjaan bisnisnya dia mencintai pekerjaan dan produk yang dihasilkannya. Hal
inilah yang mendorong dia mencapai keberhasilan yang sangat efektif untuk
menjual produk yang ditawarkannya.
7.
Detail
Seorang
wirausaha sangat mperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci. Dia tidak mau
mengabaikan faktor-faktor kecil tertentu yang dapat menghambat kegiatan
usahanya.
8.
Destiny
Seorang
wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya.
Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau tergantung kepada orang lain.
9.
Dollars
Wirausaha
tidak sama mengutamakan mencapai kekayaan. Motifasinya bukan memperoleh uang.
Akan tetapi uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Mereka berasumsi
jika mereka sukses berbisnis maka mereka pantas mendapat laba/bonus/hadiah.
10.
Dollars
Seorang
wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya terhadap orang-orang
kepercayaannya. Orang-orang kepercayaan ini adalah orang-orang yang kritis dan
mau diajak untuk mencapai sukses dalam bidang bisnisnya.
Tidak ada komentar: